Kacang Tanah Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat, Mitos atau Fakta? -->

Kacang Tanah Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat, Mitos atau Fakta?

Sunday, March 5, 2023,
Konten [Tampil]
Kacang Tanah Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat, Mitos atau Fakta?

EXPLORATIONINDONESIA.COM - Kacang tanah dapat menurunkan kolesterol jahat merupakan fakta yang didukung oleh berbagai penelitian ilmiah. Kacang tanah mengandung lemak tak jenuh tunggal dan serat, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 

Kacang Tanah bisa turunkan Kolesterol Jahat


Selain itu, Kacang Tanah juga mengandung asam folat, magnesium, dan vitamin E, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Meskipun demikian, pengonsumsian kacang tanah harus tetap dijaga dalam jumlah yang seimbang, karena kacang tanah juga mengandung kalori dan lemak yang cukup tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi kacang tanah dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan risiko masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi kacang tanah dalam porsi yang sehat dan seimbang sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan beragam, serta tetap menjaga asupan nutrisi yang seimbang dan gaya hidup yang sehat secara keseluruhan.

Ya, kacang tanah dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kandungan lemak tak jenuh tunggal dan serat dalam kacang tanah dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol jahat di usus dan memperbaiki kadar kolesterol di dalam darah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang tanah secara teratur selama 8 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL pada orang dewasa yang mengalami obesitas dan sindrom metabolik. 

Studi lain juga menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang tanah secara teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Dampak Makan Kacang bagi Kadar Kolesterol


Kacang tanah yang disangrai tanpa ada tambahan bumbu atau rasa sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah arteri. 

Jika kita mengonsumsi satu seperempat cangkir saja, maka sudah bisa mendapatkan asupan lemak tak jenuh tunggal dengan jumlah yang setara layaknya minyak zaitun sebanyak satu sendok makan. 

Keberadaan lemak tak jenuh tunggal inilah kemudian berpotensi bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dengan signifikan.

Selain itu, di dalam kacang tanah juga terdapat kandungan niacin yang sangat tinggi. Kandungan ini bisa memulihkan sel-sel yang rusak atau memastikan proses regenerasi sel berjalan dengan baik. Hal ini bisa berimbas positif pada penurunan risiko terkena alzheimer atau penyakit degeneratif lainnya.

Kacang juga tinggi kandungan vitamin E yang dikenal luas bisa mencegah datangnya penyakit kardiovaskular dan kanker. Hal ini berarti, rutin makan kacang juga bisa memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar.

Kita juga bisa mendapatkan kandungan sehat lainnya dari kacang. Sebagai contoh, kita bisa mendapatkan kalsium dan zat besi, kandungan yang biasanya ditemukan di dalam susu yang baik bagi kesehatan darah dan tulang.

Selain itu, di dalam kacang juga bisa ditemukan kandungan resveratrol bioflavonoid yang bisa membuat sirkulasi darah menuju otak hingga 30 persen, menurunkan kadar kolesterol jahat sampai 14 persen, dan menurunkan risiko terkena stroke serta kanker usus besar.

Manfaat Lain dari Kacang Tanah


1. Dapat menurunkan kadar gula darah;

2. Dapat mencegah penuaan dini;

3. Dapat menurunkan risiko terkena batu empedu;

4. Dapat membantu mencegah kanker.


Kacang Tanah | Kacang Tanah Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat | Mitos atau Fakta Kacang Tanah | Kacang Tanah mengandung asam folat  | Kacang Tanah mengandung magnesium | Kacang Tanah mengandung vitamin E | Dampak Makan Kacang bagi Kadar Kolesterol | Manfaat Lain dari Kacang Tanah.

TerPopuler