Perkembangan Menuntut Kita untuk Terus Belajar Hal-Hal Baru, Ceritakan Pengalaman Anda -->

Perkembangan Menuntut Kita untuk Terus Belajar Hal-Hal Baru, Ceritakan Pengalaman Anda

Saturday, October 28, 2023,
Konten [Tampil]
explorationindonesia.com - Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru. Ceritakan pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik terkait kemampuan Anda.

Perkembangan Menuntut Kita untuk Terus Belajar Hal-Hal Baru

Kapan waktu kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik tersebut?


Perkembangan menuntut kita untuk senantiasa berubah menjadi lebih baik tak terkecuali menjadi guru. Seorang guru harus mau dan mampu belajar sepanjang hayat. Hal yang paling terasa dan besar dampaknya yang saya alami sebagai guru yaitu ketika wabah covid-19 melanda negeri ini dimana semua sistem berubah yang awalnya manual menjadi serba digital termasuk dalam melakukan pembelajaran dengan peserta didik. Seorang guru dituntut harus mampu melakukan kegiatan pembelajaran dan komunikasi yang lainnya dengan alat digital. Pada awal mulanya saya merasa sangat berat. Selain dari alat digital (leptop) yang belum dimiliki, jaringan internet yang kurang stabil juga belum menguasai aplikasi-aplikasi yang berbasis digital. Namun keadaan ini tidak bisa dihindari yang kemudian saya merasa tertantang dengan keadaan yang serba kekurangan ini. Saya merasa bahwa keadaan seperti apapun harus bisa menyikapinya dengan lebih baik agar tidak terasa berat. Pada akhirnya saya merasa terpanggil untuk belajar dan terus belajar.

Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda?


Wabah covid-19 telah membawa perubahan yang cukup besar di berbagai sektor. Saya yang berprofesi sebagi guru menyikapi keadaan tersebut dengan belajar dan terus belajar agar bisa mengejar ketertinggalan. walaupun berada di daerah pinggiran yang jauh dari kota, tapi secara kualitas saya harus bisa mengimbangi guru yang ada di kota dengan kemajuan jaman yang semakin canggih. Belajar sepanjang hayat merupakan sebuah komitmen diri untuk menjadi lebih baik, baik itu belajar dari keadaan, belajar dari pengalaman, belajar dari dunia digital maupun belajar dari orang-orang di sekeliling kita. Semua hal dan semua kesempatan bisa dijadikan sebagai bahan belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, meningkatkan kemampuan kita dalam bekerja, serta menambah wawasan pengetahuan. Saya dapat belajar dari berbagai fasilitas digital yang tersedia. Salah satunya dengan pemanfaatan sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian yang berkelanjutan (SIMPKB) yang optimal. Dalam SIMPKB ini menyediakan berbagai pembelajaran yang sangat mendukung terhadap profesionalitas kerja saya sebagai guru.

Selain memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri Anda, Hal berbeda apa yang Anda lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri Anda? Adakah cara-cara di luar kebiasaan yang Anda lakukan dimana hal tersebut membuat Anda kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran Anda?


Selain dari belajar dari berbagai media elektronik, ada hal yang mungkin berbeda dengan yang lain. Kemajuan teknologi yang semakin mutakhir berbanding terbalik dengan keadaan tempat kerja yang kurang mendukung terhadap digitalisasi. Keadaan ini menuntut saya untuk berpikir keras agar dapat menemukan jalan keluar dari masalah tersebut. Hal yang pertama dilakukan adalah saya harus punya alat digital (leptop) terlebih dahulu karena dengan leptop semua kegiatan mudah terselesaikan, baik itu kegiatan yang menyangkut pekerjaan saya sebagai guru, kegiatan pengembangan kompetensi diri, maupun sebagai alat komunikasi. Hal yang selanjutnya dilakukan adalah mencari cara agar jaringan internet stabil sementara di tempat tinggal saya sinyal internet sangat kurang. Cara dalam menghadapi keadaan inilah yang mungkin berbeda dengan yang lain yang pernah saya lakukan. Untuk menstabilkan jaringan internet saya menggunakan antena penangkap sinyal yang kemudian ditinggikan sampai sekitar 3 meter dan disambungkan dengan kabel. kabel inilah yang kemudian ditempelkan pada handphone yang akan dijadikan wi-fi. Keadaan ini memang membuat saya kurang nyaman karena tidak bisa secara leluasa bergerak dengan jaringan internet yang stabil namun hal inilah yang dapat membantu saya dalam menstbilkan jaringan internet.

Bagaimana aplikasi hasil proses pembelajaran yang Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda?


Setelah berbagai upaya dilakukan pada akhirnya dapat membuahkan hasil yang baik. Kita tidak boleh menyerah dengan keadaan sebelum menemukan jalan keluarnya karena di dalam kesulitan pasti ada kemudahan dan hal inilah yang pernah saya alami bahkan sampai sekarang. Wabah covid-19 yang menimpa negeri ini seakan membawa saya dalam keterampilan dan pengetahuan baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Sekarang saya bisa bekerja sambil belajar dari tempat tinggal yang semula jaringan internetnya kurang, sekarang sudah mulai stabil. Alat digital pun kini telah saya miliki walaupun sederhana. Dengan bantuan alat ini (leptop dan antena penangkap sinyal) saya bisa bekerja dengan lebih baik dibandingkan sebelumnya. Peningkatan kompetensi diri pun mudah dilakukan serta kegiatan yang lainnya yang membantu saya dalam meningkatkan profesionalitas pekerjaan misalnya mengikuti seminar, kursus, Workshop, musyawarah dengan guru senior lain diluar sekolah kita, sampai pada akhirnya menemukan program pendidikan guru penggerak.

Demikian informasi tentang Perkembangan Menuntut Kita untuk Terus Belajar Hal-Hal Baru, Ceritakan Pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik terkait kemampuan Anda, semoga bermanfaat.

TerPopuler